Inilah 11 Tokoh Mentereng Lirik Ketua DPD Partai Demokrat Kepri! Cek Jagoanmu

BATAM. Bilo.co.id – Partai Demokrat (PD) terus menjadi perbincangan hangat di publik Kepulauan Riau (Kepri) saat ini. Apalagi agenda Musyawarah Daerah (Musda) semakin dekat.

So, wajar PD jadi perhatian publik. Kenapa demikian, belakangan survei partai ini terus melambung. Tidak hanya itu, melihat sepak terjang PD selama ini, PD di Kepri pernah mempersembahkan, Nani Sulistyani sebagai anggota DPR RI, H. Muhammad Sani sebagai Gubernur Kepri, Ahmad Dahlan sebagai Walikota Batam. H. Mummmad Rudi sebagai Walikota Batam, Apri Sujadi sebagai Bupati Bintan, Surya Sardi sebagai Ketua DPRD Batam dan Hoesnizar Hood sebagai Wakil Ketua DPRD Kepri.

Tak ayal nama-nama beken daerah pun melirik kursi nomor satu di partai berlambang bintang mercy. Mereka tengah berjuang menaklukan hati sejumlah DPC kabupaten/kota dan meraih restu AHY (Agus Harimurti Yudhoyono).

Berikut profil singkat tokoh-tokoh yang ramai dibicarakan berpeluang menahkodai Partai Demokrat Kepri.

1. Agus Wibowo

Agus Wibowo tercatat sebagai Ketua DPRD Bintan termuda di Provinsi Kepulauan Riau. Ia lahir di Indramayu Jawa Barat, 03-08-1985. Pada pemilu 2019 lalu, Agus termasuk peraih suara paling besar di Kabupten Bintan yakni, 2.987 suara. Dengan prestasinya, Agus termasuk salah satu kandidat Ketua DPD Partai Demokrat Kepri. Ia dikenal dekat dengan mantan Ketua DPD Partai Demokrat Kepri, Apri Sujadi.

2. Alias Wello

Nama Alias Wello sempat melambung pada bulan Ramadhan lalu saat pembicaraan Musda PD Kepri hangat dibicarakan. Mantan Bupati Lingga ini disebut-sebut kandidat kuat karena pengalamannya jadi kepala daerah satu periode dan sepak terjang politiknya. Bekalangan Alias Wello harus bersaing dengan sejumlah nama top yang tidak kalah bersinar pamornya.

3. Hj. Asnah

Asnah disebut-sebut pesaing terberat para calon ketua DPD Partai Demokrat Kepri. Pasalnya mantan anggota DPRD Kepri dua periode ini memiliki gerbong pendukung di seluruh Kepri. Lewat Persatuan Pemuda Tempatan (Perpat) yang dibinanya sejak 20 tahun lalu dan kehadiran Perpat sudah tersebar di seluruh kabupatan/kota di Kepri, pengaruh Hj. Asnah tidak dapat dibantah.

Bahkan sejak 10 tahun belakangan ini, Hj. Asnah selalu masuk dalam bursa kandidat calon Walikota Batam. Sayangnya Asnah belum mendapat kesempatan turun di arena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) karena belum mendapat tiket pencalonan.

4. Banjir Simamarta

Nama Ketua Pemuda Pancasila (PP) Kepri, Banjir Simamarta juga masuk dalam pusaran kandidat Ketua DPD Demokrat Kepri. Lama malang melintang memimpin organisasi kepemudaa, keberadaan Banjir cukup berpengaruh. Nama Banjir di belantika politik Kepri memang terbilang baru. Karena sejauh media ini amati, Banjir baru terdengar nyemplung di dunia siyasah, beberapa waktu belakangan ini.

5. Chairul Adam

Chariul Adam pernah memimpin Ketua DPD Partai Demokrat Kepri. Oleh karenanya, Chairul disebut-sebut termasuk jadi tokoh penting kelahiran dan kejayaan Partai Demokrat di Kepri. Kendati tidak pernah jadi anggota DPRD, Chairul termasuk sosok yang cukup dekat dengan kalangan DPP Partai Demokrat.

6. Dandung Setiadi

Arsitek terkenal Batam ini bukan orang baru di Partai Demokrat. Sempat digadang-gadang maju sebagai Walikota Batam lewat partai bintang mercy ini beberapa tahun lalu, Dandung menghilang. Namun saat ini, namanya kembali melambung dalam bursa Ketua DPD Partai Demokrat Kepri karena dinilai pantas maju sebagai Calon Gubernur Kepri 2024 mendatang.

7. Hoesnizar Hood

Siapa tak kenal dengan Hoesnizar Hood. Sekertaris DPD Partai Demokrat Kepri ini dikenal seorang seniman. Sempat mencicipi peran sebagai wakil rakyat di DPRD Kepri, Nizar sapaan akrabnya belum beruntung ketika bercita-cita terbang ke Senayan membidik kursi DPR RI pada 2019 lalu.

Karir politik Nizar kandas. Walau begitu, pengaruh Nizar masih kokoh di internal partai besutan AHY ini. Kebetulan istrinya Peppy memegang tampuk Partai Demokrat Tanjungpinang, Nizar percaya diri jika dia masuk pertimbangan utama bursa pencalonan Ketua DPD Partai Demokrat Kepri.

8. Irlan Gusti

Mantan Ketua DPC Partai Demokrat Batam pertama ini tidak kalah menarik ditimang jadi Ketua DPD Partai Demokrat Kepri. Irlan juga dikenal dekat dengan petinggi DPP Partai Demokrat. Pernah jadi anggota DPRD Batam menjadi modal kuat Irlan maju sebagai Ketua DPD PD Kepri.

9. Isdianto
I

sdianto disebut-sebut kandidat yang paling meyakinkan bisa merengkuh posisi nomor satu di Demokrat Kepri. Bertitel sebagai mantan Gubernur Kepri, Isdianto cukup seksi ditimang jadi pimpinan partai ini.

Cuma saja, isu Isdianto pernah jadi kader PDIP dinilai cukup mengganggu pencalonannya. Walau begitu, Isdianto disebut-sebut tetap optimis bisa meyakinkan internal PD bahwa dirinya bisa mengembalikan kejayaan PD seperti periode 2009-2014 lalu.

10. Surya Sardi

Nama ini cukup menarik perhatian publik di tengah gonjang ganjing perebutan Ketua DPD Partai Demokrat Kepri. Sebab mantan Ketua DPRD Batam yang saat ini Wakil Ketua Komisi III DPRD Kepri merupakan pemilik suara karena sebagai Plt Ketua DPC Demokrat Anambas.

Surya pun jadi seksi karena cukup piawai memainkan peran strategisnya dalam berbagai iven Pilkada di Kepri. Walau belum menyatakan dengan tegas maju sebagai kandidat Ketua DPD Partai Demokrat Kepri, peluang Surya Sardi terbuka lebar untuk menahkodai partai yang tengah didera gugatan kubu PD Moeldoko ini.

11. Surya Makmur Nasution

Sosok Surya Makmur Nasution cukup mashur di Kepri. Malang melintang sebagai wartawan Kompas di Kepri, ketokohan Surya tidak perlu diragukan lagi. Terbukti dia pernah terpilih sebagai anggota DPRD Kepri pada 2014-2019 lalu.

Sayangnya pada 2019 lalu, karir politik Surya Makmur belum gemilang saat menatap kursi senator, maju sebagai calon anggota DPD RI daerah pemilihan Kepri. (ghafur/berbagai sumber)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button