Narasumber di BPRS Vitka Central, UAS: Kalau Ingin Ridho Allah, Ikuti Jalan Syariah

Batam, Bilo.co.id – Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi narasumber tunggal dalam kajian umum bertema “Membangun Perekonomian Syariah untuk Meraih Ridho Allah Ta’ala”. Kajian ini digelar Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Syariah Vitka Central di Kampus Institut Teknologi Batam (ITEBA) di Tiban Ayu, Sekupang, Kota Batam, Jumat (25/12/2021).

Dalam kajiannya UAS memaparkan tentang syariah sebagai jalan yang ditetapkan Allah SWT. Artinya, jika kita ingin mencapai ridho Allah Ta’ala, maka kita harus mengikuti jalan syariah.

“Kalau kamu ingin sampai yang diridhoi Allah SWT, maka ikuti jalan. Jalan itu disebut syariah, jalan agama Islam,” katanya.

Dalam kehidupan sehari-hari, syariah sangat berkaitan erat dengan ilmu fikih, yakni fikih muamalah. Di dalamnya berisi tentang hukum-hukum warisan, hibah, gadai, keuangan, dan lainnya.

Metode ilmu yang memerinci syariah ini sangat menganjurkan umat Islam untuk memiliki kekuatan di bidang ekonomi. Dengan berdikari di bidang ekonomi, maka umat Islam akan mampu berdiri di atas kaki sendiri.

Umat Islam juga akan semakin kuat ditopang oleh ekonomi. Sehingga bisa memberikan manfaat lebih bagi masyarakat di sekitarnya.

“Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah,” kata UAS menukil sebuah hadits yang diriwayatkan oleh HR Muslim.

Menurut UAS, Islam memiliki panduan yang lengkap bagi umatnya dalam menjalani kehidupan, termasuk di bidang ekonomi. Jalur inilah yang membuat iman umat Islam menjadi lebih kuat.

“Masuklah Islam secara utuh, salah satunya masalah ekonomi. Kalau dia lemah, maka dekat dengan kefakiran. Oleh karena itu saudaraku yang bergelut di bidang ekonoi, teruslah bersemangat untuk bisa membantu umat ini,” katanya.

UAS mengaku senang bisa bertemu dengan pimpinan dan karyawan BPR Syariah Vitka Central dan orang-orang yang berkecimpung di bidang ekonomi umat.

“Yang sudah syariah semoga istiqomah, yang belum syariah mudah-mudahan hijrah ke syariah. Mudah-mudahan selamat dari riba,” kata UAS.

Kajian umum bersama UAS ini merupakan yang kedua kalinya digelar BPR Syariah Vitka Central. Hadir dalam kegiatan ini Ustadz Haruna Hasyim Lc selaku Dewan Pengawas BPR Syariah Vitka Central. Hadir juga Direktur Utama BPR Syariah Vitka Central Azrul Syafri dan Ketua Panitia Dedi Mario Purnando.

Selain itu juga hadir para karyawan dan pimpinan Vitka Group dan Banda Baru Group, Kampus ITEBA, BTP, Toko Mas Banda Baru, dan Vitka Apotik. Hadir juga karyawan dan pimpinan BPR Banda Raya, Majelis Taklim Masjid Jabal Arafah dan Baitul Makmur, RM Sederhana dan RM Nasi Kapau, Excelso Batam, MoMoo Juice Bar and Coffee, Vitka Fitnes, SPBU Tiban dan SPBU Seipanas, Pengurus Masjid Jabal Al-Rahmah Tiban Ayu, Lurah Tiban Lama, Polsek Sekupang, rekanan serta perwakilan nasabah BPR Syariah Vitka Central.

Direktur Utama BPRS Vitka Central, Azrul Syafri mengatakan bahwa kajian umum ini digelar dalam rangka menambah pengetahuan karyawan tentang perekonomian syariah. Ia berharap melalui kajian ini para karyawan bisa menjadi orang-orang yang lebih istiqomah.

“Di samping untuk menambah kadar keilmuan tentang perekonomian syariah, kita Banda Baru Group dan Vitka Group juga perlu saling mengenal, saling bersilaturahmi, dan saling mendukung. Mudah-mudahan kedepannya kita bisa berbagi manfaat dan silaturahmi lebih terjaga,” katanya. (r)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button